lovely picture

Monday, April 22, 2013

May I know You by heart?

Tentang sebuah nama. Penyejuk. Pencerah. Sebaik-baik nama. Sebaik-baik pengokoh. Sebaik-baik pelindung. Yaa Aziz, Yaa Ghaffar, Yaa Jabbar Ya Kariim.

Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus makhluk-Nya. (Ali Imran:2)

Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya meklainkan dengan kekuatan ilmu. (Ar Rahman:33)

Atau, apakah manusia akan mendapat segala yg dicita-citakannya? (tidak) maka milik Allah-lah kehidupan akhirat dan dunia. Dan betapa banyak malaikat di alngit, syafaat mereka sedikitpun tak berguna kecuali Allah telah mengizinkan dan hanya bagi siapa yang Dia kehendaki dan Dia ridhai. (An Najm:24-26)

Demi jiwa serta penyempurnaan ciptaan-Nya, maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaan, sungguh beruntung orang yg menyucikannya (jiwa), dan sungguh rugi orang yg mengotorinya. (Asy Syams:7-10)

Sungguh, usahamu memang beraneka macam. Maka barang siapa memberikan hartanya di jalan Allah dan bertakwa, dan emmebenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan). (Al-Lail:4-7)

Adapun bila yang meninggal itu adalah orang2 yg mendekatkan diri kepada Alah maka kematian baginya adalaha lega, semerbak, dan nikmat sekali. (Al Waqiah:89-90)

Pertolongan itu hanya milik Allah semuanya. Dia memiliki kerajaan langit dan bumi. Kemudian kepada-Nya kamu dikembalikan. (Az Zumar)

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui suatu apapun,, dan Dia memebrimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kmau bersyukur. (An Nahl:78)

...Wahai Tuhan kami janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau melakukan kesalahan. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kpd org2 sebelum kami. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yg kami tdk dpt memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami, Engkaulah pelindung kami.... (Al Baqarah:286)


I know You by heart. Instrumen beraliran jazz yang sedang mengalun itu berjudul I know you by heart. Satu hal yang saya suka dari musik instrumen adalah saya tak perlu terkontaminasi dengan lirik yang kadang tak penting. Tapi saya yakin nada-nada bisa menhadi ayat-ayatnya yang tak tertuliskan. Di sini saya merasa bahwa menyepi itu merasakan hidup, merasakan dengan hati, as if I know You by heart. Kesendirianlah yang kadang membuat kita merenung untuk lebih memaknai kehidupan. Terima kasih untuk peringatan dan pelajaran tempo hari :") 

#dari sekumpulan mozaik kontemplasi

No comments:

Post a Comment