lovely picture

Thursday, September 11, 2014

Mahabbatullah

"Aku sesuai dengan prasangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jemaah manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati0-Ku sehasta maka Aku akan mendekantinya sedepa. Dan apabila dia mendatangi-ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari." (HR Muslim)

Mahabbah itu ibarat pohon (kecintaan) dalam hati, akarnya adalah merendahkan diri di hadapan Dzat yang dicintainya, batangnya adalah ma’rifah kepada-Nya, rantingnya adalah rasa takut kepada siksa-Nya, daunnya adalah rasa malu terhadap-Nya, buah yang dihasilkan adalah taat kepada-Nya, bahan penyiramnya adalah dzikir kepada-Nya; kapan saja jika amalan-amalan tersebut berkurang maka berkurang pulalah mahabbahnya kepada Allah.  (Ibnu Qayyim)

Taqwa adalah meninggalkan apa-apa yang dimaui oleh hawa nafsumu, karena engkau takut. Takut kepada Allah, ridha dengan ketentuan-Nya, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hari kiamat nanti. (Imam Ahmad bin Hambal)

Dan dia bersamamu di mana saja kamu berada. Dan Allah melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (Al Hadid:4)

Terima kasih sahabat, nasihatmu selalu menyejukkan. Betapapun aku selalu jatuh. Astaghfirullaah banyak sekali dosa bahkan yang terlihat karena tersimpan dalam-dalam.. Terima kasih sahabat untuk selalu ada, menunjukkan secercah cahaya, menuntun langkah ini untuk selalu kembali. Semoga Allah melindungi kita di manapun dan kapanpun.

"Jika kau jatuh cinta pada seseorang, sesungguhnya Allah tengah menguji seberapa besar cintamu kepada-Nya."

"Jalanilah hidup tanpa logika sebab semuanya akan berjalan di luar logika." 

Untuk kalian yang merasa hilang arah, galau, atau apapun. Ada sebuah kisah yang indah yang ditulis seorang kawan yang kemudian diangkat menjadi sebuah film yang digarap bersama orang-orang kreatif keren dunia akhirat. Sebuah film produksi Sm@rt Syuhada, Sahabat Pelajar Jogja. Meskipun sudah lamaaaa sekali, film ini selalu memberi saya pelajaran dan megingatkan saya. Bahwa ada yang memegang hati setiap manusia. Dialah Allah, Maha dari segala Maha. Mahabbatullah.

Saya belajar banyaaak sekali dari proses pembuatan film ini. Menjiwai setiap baris kata, pesan, dan ayat yang disampaikan ke dalam kehidupan yang sesungguhnya. Memang tak mudah mengaplikasikannya. Selalu butuh proses. Untuk menterapi hati. Sesungguhnya hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.

Betapa saya harus belajar banyak dari kisah Aini. Ceritanya sangat universal, sederhana, dan mengena. Judulnya unyu banget. Cinta Roller Coaster. Film ini bercerita tentang kehidupan anak SMA yang ber-setting di SMA 1 Yogyakarta. Meskipun ber-setting di SMA 1, kisah ini sungguh universal dan sangat relevan bagi anak-anak muda di manapun, khususnya yang sedang mencari jati diri. Mencari makna Cinta yang sesungguhnya. 

Untuk potongan baris, kuotasi, dan ayat yang mengena sudah pernah saya tulis di blog melalui link berikut ini... http://nurisma-najma.blogspot.com/2013/07/ketika-cinta-memanggil-rindu-rindu-rabb.html
Semoga mencerahkan. :)

No comments:

Post a Comment