lovely picture

Sunday, April 8, 2012

KPP bersama Syifa Uki:



Sukses Mendaki Segunung Tantangan Menulis
Siapa bilang menulis itu datar-datar saja? Ternyata hampir sama seperti “mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera. Bersama teman, bertualang...” (OST Ninja Hatori). Ternyata menulis adalah aktivitas yang kadang seperti mendaki gunung dan ada kalanya menuruni lembah. Hal ini tak dapat dipungkiri sebab menulis memiliki faktor-faktor simultan yang berkaitan dengan kondisi psikologi yang harus dapat dikelola oleh penulis. Di sinilah motivasi dalam menulis menjadi hal penting bagi penulis baik pemula maupun profesional. Menjawab tantangan ini, Komunitas Penulis Pelajar Sm@rt Syuhada mendesain training motivasi menulis dengan tajuk “Menghancurkan Halangan-Halangan dalam Menulis” bersama Mbak Mia Syifa Uki dari tim kaderisasi Forum Lingkar Pena (FLP).
            Pada Ahad, 18 Desember 2011, para penulis muda Komunitas Penulis Pelajar berkumpul di aula Masjid Syuhada untuk mengikuti training. Agenda latihan rutin tiap sebulan sekali ini sangat special karena menghadirkan seorang pegiat sastra yang memiliki pengalaman dalam dunia menulis dan kedekatan yang baik dengan peserta. Siapa lagi kalau bukan Mbak Mia, penulis yang memiliki nama pena “Syifa Uki”.
            Sekitar pukul 13.00 WIB acara dimulai. Sebagai pembuka dan penghangat suasana, Mbak Mia dan masing-masing peserta memperkenalkan diri serta  berbagi motivasi pribadi dalam menulis. Mbak Mia memiliki motivasi tersendiri yang membuatnya menggemari dunia menulis, yakni seringkali ada hal yang tak bisa diungkapkan secara verbal sehingga tulisan adalah penyampainya. Selain itu, menurutnya, menulis itu kaya. Mengapa? Karena menulis berarti berbagi apa yang kita ketahui dan memberi apa yang kita miliki untuk menginspirasi orang lain dengan kebaikan. Subhanallah ya, motivasi Mbak Mia dalam menulis ini. Begitu pula para peserta training juga memiliki motivasi-motivasi luar biasa yang tak kalah hebatnya.
            Motivasi telah ada, setidaknya sesuatu itu telah muncul yang membuat kita membuka mata pada dunia menulis. Lantas, sudahkah ada azzam (tekad dan passion) yang membuat kita menulis setiap saat, minimal secara rutin? Jika belum, maka motivasi kita hanya berhenti sebatas obsesi. Inilah tantangan terbesar menulis, yakni menulis itu sendiri. Tantangan menulis itulah yang menjadi bahan diskusi bersama dalam training tsb, mulai dari menemukan ide, menjaga mood menulis, menentukan alur dan klimaks, mengatasi kebuntuan menulis, bagaimana menjiwai tulisan, dan sebagainya.
            Inti dari training motivasi menulis KPP bersama Mbak Mia FLP adalah bahwa hidup itu adalah pilihan, apakah kita memilih konsisten dengan impian itu atau tidak. Setiap tantangan yang menghadang pasti ada jalan keluarnya, hanya bagaimana mencari akar permasalahannya. Setelah itu, tentu saja membumikan impian kita dengan action! Ya, menulislah. Biarlah ide-ide mengalir. Bingung bagaimana? Tenang saja, ide itu bertebaran di mana-mana, hanya kita yang kurang peka dan tidak meluangkan waktu sejenak untuk menuliskannya. Buktinya, saat itu juga, dalam lima menit saja, para peserta telah berhasil megumpulkan belasan ide cerita. Jadi semuanya kembali kepada kemauan dan konsistensi kita dalam menulis. “Nikmatilah proses menulis, sebab di sanalah cinta itu ada! Menulislah, dari hati ke hati,”pesan Mbak Mia ‘Syifa Uki’.

No comments:

Post a Comment