lovely picture

Tuesday, April 24, 2012

Sketsa Mimpi

Larut KPP
Menulis Cerpen #2

Ahad, 22 April 2012
di aula Syuhada

Sebelum menulis:
1. Berdoa

2. SMART oriented (syarat tujuan):
Specific: detail
Measurable: dapat diukur
Attainable/achiavable: dapat dicapai
Relevant: bermanfaat
Time: ada target waktu yang pasti

3. Catat impian dan visimu, tempel, dan sebarkan pada semesta! (Om Yohanes Surya, pinjem "mestakung" yaa "semesta mendukung" ;)

4. VISUALISASIKAN!

Karena proyek KPP adalah antologi cerpen, impian saya untuk antologi tulisan saya:

Tema: Harmoni Jiwa
(kaya album Gita Gutawa aja hha)

Cover: abstrak, kalem, dan sedikit cerah di sisi atas. objek di cover masih bingung sih, mungkin tangan yang menggenggam satu sama lain atau gambar bintang abstrak ato apa deh yaa ilustrasi juga bagus. siapa yang bikin masih ragu, Grace Johnson, Liliana, atau mbak kandung  saya. They're my best of the time artists.

Testimoni: siapa ya? yang jelas kepada mereka yang telah menginspirasi dan mewujudkan impian saya menulis. KPP adalah rumah menulis pertama saya, jadi tentunya dari KPP. saya sgt terinspirasi oleh Lintang Sugiyanto, Taufik Ismail, Anies Baswedan, Andrea Hirata, Fahd Djibran. Juga kepada Papa, Lili, dan Mom. Semoga jika mereka masih ada dan bisa, mau menuliskan testimoni untuk saya.

Isi cerpen: 10 cerpen plus beberapa bonus puisi atau hikmah penghubung antarcerpen.

Harga: hmm tergantung time value of money ya hehe. harga pasar aja deh. mungkin untuk target antologi pertama antara 35-50ribu. dan semoga jika diijinkan, saya bisa memberi kado buku ini untuk ibu/bapak dan sahabat terdekat.

IMPIAN MENULIS NURISMA NAJMA

Cita-cita saya ketika berusia 22 tahun adalah memiliki antologi puisi, cerpen, tulisan lepas lainnya. Di luar sastra, saya ingin pada usia tersebut saya telah menulis aktif di media massa tentang ilmu yang saya minati dan pernah saya dapatkan seperti psikologi, pendidikan, sastra, ekonomi terbatas, islam, ekis terbatas, fisika matematika jika masih ingat wkwk, dll.
25 tahun telah menjadi penulis produktif yang karyanya telah diterjemahkan ke bahasa asing terutama bhs inggris (diusahakan diterjemahkan sendiri).
30 tahun saya memiliki rumah pena. Rumah Pena, adalah surga untuk buku dan pena, surga pengetahuan, karya, dan imajinasi.
40 tahun saya merintis Rumah Najma, sebuah rumah untuk berkarya. Dialah madrasah yang bisa mengolah setiap impian, potensi, dan passion anak-anak di Indonesia dengan sastra, budaya, sains, dan perdamaian. hubungan tanpa batas universal antarmanusia. saya ingin Rumah Najma adalah rumah masa depan yang bisa menjadi rumah, tempat bermain, tempat berkarya, tempa berbagi kasih sayang, dan sekolah tanpa batas. Di sana saya ingin anak-anak di dunia ini bisa saling memahami, berkembang dengan potensi dan cita-cita masing2, diberi keleluasaan untuk menemukan jati dirinya, dan dipupuk dengan cinta dan cita-cita dengan akhlak mulia. Saya ingin di rumah ini lahir anak-anak penebar rahmat bagi dunia. Untuk gambaran singkatnya, ada sebuah perpustakaan penghubung informasi dan ilmu pengetahuan anatardunia tempat karya2 mereka disimpan, tempat bermain dg play ground, studio tempat mereka berekspresi dengan seni dan sastra, galeri tempat mereka berekspresi dengan karya2 mereka, taman bunga dg hijaunya tanaman2 serta kolam air mancur yang indah, dan ruang keluarga tempat diskusi, konsultasi, dan sosialisasi. Untuk penyeimbang perlu ada sumber pemasukan dan usaha bisnis yang dijalankan secara berdampingan, yakni sebuah penerbitan buku Nurisma Najma, rumah pena tanpa subsidi dan rumah Nurisma Najma tanpa subsidi untuk siswa2/anak2 dari kalangan mampu dan siswa dari luar Indonesia dari kalangan berada :)
Semoga rumah ini menjadi naungan setiap bulir asa, cita, dan cinta untuk masa depan anak-anak penebar rahmat di dunia dan akhirat.

Ya Allah, nyalakan jiwa ini, tegakkan jiwa ini, dan kuatkan jiwa ini. Semoga Engkau perkenankan doa dan impian-impian ini untuk menjadi rahmat untuk menebar rahmat atas segala nikmat-Mu kepada semesta. Aamiin.


5. Buat target menulis!
(1) Jumat 1 halaman tulisan cerpen dan puisi; Sabtu 1 halaman tulisan cerpen dan puisi
(2) Satu bulan -> min 8 hlm (1 cerpen)
(3) Satu tahun -> antologi min 1

6. Siapa yang akan mengontrol?
Diri sendiri, catatan, keluarga dan sahabat.

7. Reminder!! Konsisten!! 

8. Catat keberhasilan dan rayakanlah!
Jika saya berhasil konsisten 1 cerpen dalam 1 bulan dan berusaha konsisten dan belajar untuk lebih baik lagi, saya akan mengapresiasi usaha saya dengan:
(1) share, mempublikasikan tulisan, ikutkan lomba, no giving up
(2) membelikan diri sendiri buku baru
(3) kalu berhasil dan dapat hadiah, kasih surprise buat ibu apapun, tak harus materi, cukup dg lebih peka dan perhatian sama ibu :)
(4) kalu dapat hadiah, membahagiakan orang lain, giving friends a lil treat,
(5) kalu berhasil menerbitkan buku, saya akan memberi surprise ke ibu dengan memberi kado buku itu. saya akan buktikan bahwa menulis tak pernah sia-sia. saya akan buktikan bahwa saya bisa menulis. bahwa impian itu pasti akan terwujud selama jiwa untuk menulis menyala. kemudian melobby mengumpulkan uang untuk membuat perpustakaan pribadi sampai merintis rumah pena dan rumah najma:)


Bismillah... Dengan menyebut nama Allah, nyalakan jiwa ini, tegakkan jiwa ini, dan kuatkan jiwa ini. Aamiin.

1 comment:

  1. kapan ya Mba aku bisa ikut lagi :(. cz setiap Minggu pasti ada agenda

    ReplyDelete