lovely picture

Sunday, July 7, 2013

The Sisters: Nostalgia Cerita Kita

Judulnya lekat dengan masa kanak-kanak. Begitulah, rumah selalu memberi nostalgi tersendiri tentang masa kanak-kanak yang diwarnai dengan kepolosan, tingkah yang lucu, keusilan, yang tak lepas dari hobi dan cita-cita. Tulisan ini terinspirasi karena akhirnya ada kesempatan menghabiskan waktu bersama mbak. Setelah ya lumayan lama, semenjak beliau lulus D3 lanjut D4 di luar kota hingga akhirnya ditempatkan di Dinkes Kulonprogo. Memang unik ya rasanya punya hubungan spesial ini. Jarang bareng2 tapi kalo udah ketemu susah dipisahkan. Nggak ada cangggung2an. Tetap menjadi apa adanya. Haha. Sisters  oh sisters.

Rasanya lama banget kami nggak nonton bareng. Entah kenapa aku yang udah nggak update trend jadi kebawa asik aja. Aduuh, malu, tapi ya udah akhir pekan ini kami nobar. Mmm film Korea. Well, orang boleh mengira aku ini emang ga ngerti trand Korea2an. Cuma jujur sih, kadang selingan juga perlu. Dan well, sebenarnya saya sudah lama meninggalkan hobi satu ini haha.

Nobar akhir pekan ini mengingatkan masa2 kanak2 ketika masih unyu2. Aku suka banget nonton Cilukba dan Pesta Ceria karena di sana ada Maisy, Trio Kwek-Kwek, Sherina kecil, dan pokoknya aku suka nyanyi ahahaha. Pernah deh ngambek gara2 ga bisa nonton Cilukba sekali aja hahaha. Selain itu, aku suka banget nonton film kartun. Ckckck kalo udah nonton kartun ya udahlah. Namanya juga anak2.. Tapi aku ga biasa baca komik. Ini anomali memang. Orang tuaku nggak suka dan nggak ngebolehin. Dan aku emang bingung kalo baca komik. Alhasil, aku lbh lihai baca pararaf daripada mozaik2 di komik. Sampai sekarang. Lola kalo baca potongan2 gambar komik. Hfft payah ya? Tapi meskipun aku ga biasa baca komik, aku suka gambar dari kecil. Manga ya namanya? Nggak bagus2 banget sih.. Tapi at least teman2 sekelas ngantri minta gambarku wohoho. Mulai dari Sakura, Sailormoon, Putri Huan Zhu, gambar telenovela anak2 semacam Amigos dkk itu juga. Ya aku dulu juga suka film2 Cina-Jepang. Ckckck sampai beli poster, kartu mainan, dan koleksi2 kaya begituan. Walah nggak percaya pasti orang. 

Tapi walau begitu untung aku dulu masih kenal yang namanya ngaji dan tpa. Alhamdulillah, beruntung... Jadi lingkungan rumah juga nggak parah2 amat. Setidaknya ya ada ngajinya rajinlah meski kadang suka rewel hahaha. Dan setidaknya dari ikut TPA, anak-anak bisa mengenal islam lebih awal. Terus juga bisa mengembangkan potensinya. Seriusan, jaman dulu aktif banget TPA dan Badko. Ikutan FAS, sayangnya pas mau ikutan saritilawah malah udah gedhe. Ya minimal udah nyoba cca sama hafalan to mending belajar dikit.. Ya, di TPA juga aku belajar bagaimana deklamasi, nyanyi, ngaji, bahkan teater. Huks aku kangen masa kecil. Kadang aku sedih kalo ngeliat anak jaman sekarang atau teman2 sepermainan yang udah beda banget. Gapapa kalo tambah soleh dan solihah tapi ada juga yg terpengaruh pergaulan.

Dari  situlah aku teringat lagi percakapan jalanan bersama Novi dan Tiara. Juga renungan akan jalan yang sekarang aku tempuh. Fiuuuh. Memang benar kata Novi. Kita tidak bisa hanya mengandalkan akademik dan kuliah. Tanpa hobi kita mati. Sustainabilitas impian sepertinya juga berkolerasi dengan hobi dan cinta kita akan hal yg kita impikan, right? Bahwa hobilah yang mungkin mendatangkan pekerjaan katanya. Meskipun tdk sepenuhnya setuju. Aku yakin cinta akan hal yang kita lakukan itulah yang akan bisa menjadi sumber kehidupan.

 Curhatannya tentang perasaan yang hanya mengejar nilai ngena banget. Aku takut merasakan hal yang sama. Aku kadang bahkan sering merasa tidak bisa menikmati kuliah ini. Benar kata Pak Prof Suwardjana kala berbincang dengan kami di kantornya siang itu, ada yang salah dengan sistem dan pengajaran dosen di FEB. Datang absen, mendengarkan, tugas, dan ujian. Semuanya demi nilai? Bhakan KRS di FB pun sudah seperti perdagangan saham? Perdagangan saham yang dimaksudkan adalah perdaganagn nama dosen yangterkenal murah nilai. Ini kuliah macam apa? Kadang aku sebel sendiri dengan efisiensi dan efektivitas yang diagung2kan akan tetapi tidak dibarengi dengan substansi. Begitulah, aku tak pernah mengerti. Andai saja aku bisa dapat kelas Prof Suwardjana yang keren itu.....

Baiklah, kejarlah ilmu akademik itu penting. Tapi ingatlah karakter dirimu adalah penentu kehidupan. Ya, cinta dan hobi adalah impian yang akan menjadi kebahagiaan dalam hidup itu sendiri.



No comments:

Post a Comment